Risfa Andria, Nuraini (2023) PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPA DI SMAN 2 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan penerapan metode pembelajaran buzz group dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan model non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA terdiri dari 2 kelas sedangkan sampel pada penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran buzz group dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskriptif, dan uji hipotesis (uji paired sample t test, independent sample t test, dan uji two way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data, perhitungan, dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebelum penerapan metode buzz group adalah 62,40 dan setelah penerapan metode adalah 68,90. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebelum penerapan metode adalah 56,30 dan setelah penerapan metode adalah 49,63. Selain itu berdasarkan hasil output diperoleh nilai thitung sebesar 2,692 dengan tingkat keyakinan 95% (α = 5%) df = (57) untuk pengujian diperoleh nilai ttabel 2,002 dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai Sig. (2-tailed < Alpha (0,009 < 0,05), maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Berarti terdapat perbandingan signifikan antara posttest eksperimen dengan posttest kontrol. Dengan kata lain metode pembelajaran buzz group dan metode ceramah menghasilkan hasil belajar yang berbeda. Dari hasil penelitian disarankan agar guru terutama guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya dalam melakukan proses belajar mengajar lebih banyak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar. Apalagi pelajaran ekonomi tergolong pembelajaran yang sulit dan harus benar-benar diperhatikan dengan seksama
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buzz Group Learning Method, Lecture Method, Learning Results |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | NURAINI |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 07:53 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |