Theresia, Pasaribu (2023) Perbandingan Penerapan Media Interaktif Simulasi Elektronik (MISE) dan Media Powerpoint Terhadap Academic Performance di SMA N 2 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_THERESIA_PASARIBU-A1A119103_YAA.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (298kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil Academic Performance siswa yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh bebarapa faktor yang mendasarinya. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya pengoptimalam pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran oleh guru pada saat proses belajar menggajar berlangsung. Terdapat Media Interaktif Simulasi Elektronik dan Media Powerpoint yang dapat mempengaruhi hasil Academic Performance siswa. Untuk itu pengoptimalan pemakaian media pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dapat meningkatkan hasil Academic Performance siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Quasi Experiment dengan model Non-Equivalent Control Group Design, alat pengumpulan data menggunakan hasil tes pretest dan posttest dengan populasi sebanyak 31 orang untuk kelas kontrol dan 33 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji paired sample t-Test, uji independent Sample t-Test serta uji two way ANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbandingan secara signifikan antara variabel Media Interaktif Simulasi Elektronik (MISE) dan media Powerpoint terhadap Academic Performance siswa. Diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen penerapan Media Interaktif Simulasi Elektronik (X1) sebesar 74,27 sedangkan untuk media Powerpoint (X2) diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,26. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 2,529 dengan tingkat keyakinan 95% (α = 5%) df = (62) untuk pengujian diperoleh nilai ttabel 1.998 dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai Sig. (2-tailed < Alpha (0,014 < 0,05), maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Dengan kata lain, terdapat perbandingan signifikan antara academic performance siswa menggunakan media interaktif simulasi elektronik dengan academic performance siswa menggunakan media powerpoint. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya nilai Academic Performance siswa didalam kegiatan belajar mengajar dikelas dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan dan diterapkan disekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Simulation Interactive Media (MISE), Powerpoint Media, Academic Performance |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | PASARIBU |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 07:53 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |