Salsabila, Shafiyah Ekadianty (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (Savi) Berbantuan Software Cabri 3d Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
A1C219075 Shafiyah Ekadianty Salsabila.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (159kB) |
Abstract
Salsabila, Shafiyah Ekadianty. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantu Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pendidikan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Drs. Sufri, M.Si., (II) Sri Winarni, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran SAVI, Software Cabri 3D, Kemampuan Representasi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di SMP N 3 Kota Jambi, hal ini didasarkan hasil pretest yang diberikan kepada siswa terlihat bahwa siswa rendah dalam memahami bagaimana merepresentasikan suatu permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran SAVI berbantu software cabri 3D dengan model pembelajaran SAVI dan Konvensional terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 3 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan pretest posttest group design dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kota Jambi pada tahun ajaran 2023/2024, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simpel total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan representasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh asusmsi sebelum uji hipotesis yaitu uji normatis dengan nilai signifikan 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol ≥0,05 dan uji homogenitas 0,098 ≥0,05 maka dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu One Way ANOVA dengan nilai signifikan 0,00<0,05 maka dikatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI berbantu software Cabri 3D terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hasil uji lanjut turkey terhadap 2 kelas eksperimen tidak terlalu berbeda signifikannya tetapi dengan kelas kontrol terlihat lebih rendah, hasilnya terlihat bahwa kesamaan rata-rata kelas eksperimen 1 79.68, kelas eksperimen 2 83.04, dan kelas kontrol 47.88. Model pembelajaran SAVI berbantu software Cabri 3D dapat digunakan sebagai pilihan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, karena memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dari kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | SALSABILA |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 05:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 05:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |