Hendra, Beni (2024) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan pada siswa di SMA Negeri 13 Tebo. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
Full Tesis (beni Hendra).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil pembina pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan siswa, mengetahui apa saja kendala pembina pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 13 Tebo, dan mengetahui apa solusi pembina pramuka dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Tebo Muaro Jambi yang beralamat di Jl. Rantau Api Kec. Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembina pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 13 Tebo sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan Strategi pembina pramuka dalam mewujudkan karakter religius siswa adalah : Pembina pramuka menerapkan sistem salam dan ucapan salam kepada siswa, Pembina pramuka menerapkan kegiatan ibadah seperti shalat,mengaji, dan sedekah, Pembina pramuka menerapkan agar siswa bersikap yang ramah, sopan , dan santun kepada sesama guru dan teman lainnya. Sedangkan strategi pembina pramuka dalam mewujudkan disiplin pada siswa adalah : Memberlakukan Kode Etik Siswa Di Sekolah, Memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar disiplin, Menanamkan nilai-nilai kesabaran disiplin pada siswa Kendala yang dialami pembina pramuka dalam mewujudkan karakter religius adalah : Motivasi siswa yang masih rendah, Siswa masih ditemukan kurang jujur dan bermalas-malasan dalam mengikuti setiap kegiatan yang bernuansa religiusSedangkan kendala pembina pramuka dalam mewujudkan disiplin siswa adalah : Siswa-siswi kurang motivasi, kesadaran dan masih malas dalam disiplin,Kurangnya Kerjasama dengan wali murid siswa mengenai kedisiplinan siswa, Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar siswa misalnya keluarga dan teman sekitar Solusi yang ditawarkan dan diberikan pembina pramuka untuk mengatasi kendala dalam upaya mewujudkan karakter religius adalah : Memahami karakter siswa yang memang kurang motivasi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang religius dan memberikan siswa tersebut motuvasi semangat dan arahan agar terus belajar dan maju berkembang dan Memberikan motivasi, arahan, nasehat, dan pembinaan terhadap siswa yang disiplinnya masih rendah.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembina Pramuka, Karakter Religius Siswa, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | BENI HENDRA |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 00:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 00:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |