Rahma, Aulia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Comic Math Berbantuan Whiteboard Animation Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 9 Sarolangun. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS AULIA RAHMA A1C219076.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi 2024.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN AULIA RAHMA A1C219076.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Aulia Rahma A1C219076.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Aulia Rahma A1C21907.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil & proses pengembangan media pembelajaran berbentuk Comic Math berbantuan Whiteboard Animation dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP yang berkualitas baik. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Produk dinilai menggunakan penilaian tes akhir (posttest) dan beberapa angket berdasarkan hasil uji coba produk yang diujikan kepada ahli media, ahli materi, guru matematika kelas VII SMP Negeri 9 Sarolangun, 9 orang siswa kelas VII.C, dan 26 orang siswa kelas VII.D untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk. Hasil penelitian yang diperoleh dari segi materi dan media berada pada kriteria valid. Pada tingkat kepraktisan dari guru dan siswa berada pada kategori praktis. Serta dari angket respon siswa berada pada kategori efektif dan berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh nilai skor rata rata 79,03 dengan besar nilai gain sebesar 0,76 yang mengindikasikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dibanding sebelum menggunakan Comic Math berbantuan Whiteboard Animation dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RAHMA |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 03:08 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 03:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |