rini, aslama and SUTJA, AKMAL and Sarman, Freddi (2024) Hubungan self awareness dengan disiplin belajar siswa di smp n 7 muaro jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I...pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ASLAMA OKTA RINI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HalamaN Pengesahan.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
COVER...pdf Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah disiplin belajar yang sering terjadi pada siswa. Permasalahan yang terjadi di SMP N 7 Muaro jambi terkait disiplin belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK dan wali kelas terdapat kurangnya disiplin belajar siswa. Hal ini dilihat dari proses pembelajaran berlangsung adanya siswa siswa yang tidak disiplin dalam belajar seperti adanya siswa yang terlambat masuk kelas, adanya siswa yang keluar masuk saat proses pembelajaran, adanya siswa yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, adanya siswa yang tidak masuk tanpa keterangan dan adanya siswa yang kurang memperhatikan guru saat menjelaskan. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara self awareness dengan disiplin belajar siswa di SMP N 7 Muaro Jambi . penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 7 Muaro jambi dengan jumlah sampel sebanyak 142 siswa dengan penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument. Analisis statistic yang digunakan adalah rumus product moment dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini terdapat korelasi yang jelas tetapi kecil antara self awareness dengan disiplin belajar siswa nilai r hitung adalah 0,396 dengan demikian dikatakan bahwa terdapat korelasi antara self awareness dengan disiplin belajar siswa di SMP N 7 Muaro Jambi . hasil penelitian ini menjelaskan tingkat persentase self awareness sebesar 70,05 % kategori tinggi dan persentase disiplin belajar sebesar 78,56% kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat self awareness maka semakin tinggi disiplin belajar siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah self awareness maka semakin rendah pula disiplin belajar siswa di SMP N 7 Muaro Jambi Kata kunci : Self awareness, Disiplin Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self awareness, disiplin belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rini |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |