PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI GANGGUAN PELAYANAN INDIHOME PADA TELKOMSEL CABANG JAMBI

Anggi Lestari, putri (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG MENGALAMI GANGGUAN PELAYANAN INDIHOME PADA TELKOMSEL CABANG JAMBI. S1 thesis, Hokum Predate.

[img] Text
Skripsi Putri Anggi Lestari (FULL TEKS).pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN TARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Konsumen dalam melakukan kontrak berlangganan, pada umum hanya langsung menandatangani kontrak tanpa membaca dan mengetahui isi kontrak terlebih dahulu. Sehingga mereka tidak mengetahui hal-hal yang penting bagi mereka selaku konsumen. Bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. Jika terdapat penyimpangan yang merugikan, konsumen berhak untuk didengar, memperoleh advokasi, pembinaan, perlakuan yang adil, kompensasi sampai ganti rugi. Demi mengetahui dan menganalisis bentuk perlindungan hukum serta bentuk upaya yang dilakukan pihak Indihome pada Telkomsel Cabang Jambi terhadap konsumen yang mengalami gangguan layanan Indihome. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum yuridis empiris. Objek penelitian dan fokus penelitian ini ialah perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna layanan Indihome yang secara khusus pada Kantor Telkomsel Cabang Jambi yakni Grapari Telkomsel. Hasil penelitian dan kesimpulan penelitian ini bahwa hubungan hukum antara konsumen dan pelaku usaha merupakan hubungan yang dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, oleh sebab itu konsumen dan pelaku usaha memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan, dikarnakan konsumen dapat dirugikan oleh pelaku usaha bila hak-haknya tidak terpenuhi begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu dibuatnya aturan tentang Perlindungan Konsumen yang memuat tentang hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha. Bahwa berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, perjanjian melalui Indihome adalah sah apabila dilihat dari syarat sah perjanjian yang terdapat pada Pasal 1320 KUH Perdata, selain itu Telkomsel memiliki tanggungjawab pula terkait dengan Perlindungan Konsumen. Adapun konsumen layanan Indihome yang menderita kerugian karena tidak terlaksananya kewajiban dapat menggugat secara langsung Telkomsel untuk meminta pertanggungjawaban atas tindakan wanprestasi dan perbuatan melanggar hukum yang telah merugikan konsumen tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:34
Last Modified: 15 Mar 2024 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62036

Actions (login required)

View Item View Item