Nurani, Riski (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER,PERNYATAAN,PENGESAHAN, DAN DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dan untuk melihat kelayakan media pembelajaran tersebut yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Media Pembelajaran yang dibuat merupakan E-LKPD Interaktif berbasis pembelajaran berdiferensiasi mencakup materi sistem pernapasan pada manusia Kelas XI SMA. Berdasarkan analisis tujuan pembelajaran di SMA Islam Alfalah Jambi, terdapat kendala dalam proses pembelajaran biologi di sekolah tersebut, khususnya pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dan model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE terdiri atas lima tahapan, yaitu: Analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, lembar penilaian dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Islam Alfalah Jambi. Uji coba dilakukan kepada 5 orang peserta didik (kelompok kecil) dan 30 orang siswa (kelompok besar). Hasil validasi materi diperoleh dengan skor 60 dan persentase sebesar 93% kategori “sangat baik” dan hasil validasi media diperoleh dengan skor 58 dan persentase sebesar 90% kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba pada kelompok kecil diperoleh dengan skor 272 dan persentase sebesar 90,6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil ujicoba pada kelompok besar diperoleh skor 1.585 dan persentase sebesar 88% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil persepsi guru diperoleh skor 38 dan persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis data , dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pernapasan pada manusia Kelas XI SMA layak digunakan dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | NURANI |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 02:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |