Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar

rindiani, gusnia (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (700kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I_Gusnia.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II_Gusnia.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB III_Gusnia.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV_Gusnia.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V_Gusnia.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN_Gusnia.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN-nia.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI NEW FIX_GUSNIA RINDIANI_A1D120062.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rindiani, Gusnia 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si., (II) Alirmansyah,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: model Problem Based Learning, video animasi, pemahaman konsep peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video animasi Penelitian ini berlatar belakang Berdasarkan observasi dan tes pemahaman konsep peserta didik ditemukan permasalahan yaitu rendahnya pemahaman konsep IPAS peserta didik, ditemukan bahwa penyebabnya yaitu karena proses mengajar pendidik di kelas menggunakan metode pembelajaran konvensional, pendidik tidak menggunakan media pembelajaran dalam proses mengajar. Penelitian in merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, diamana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Kemmls & Mc Taggar yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran IPAS. Pada kondisi awal nilai rata-rata peserta didik Adalah 56,2% . Pada siklus I nilai rata rata peserta didik mencapai 68,04% . Kemudian setan dilskukan perbaikan, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 80,28 % sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 7 peserta didik (28%). Pada siklus 1 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 12 peserta didik (48%). Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai mancapai KKTP sebanyak 19 peserta didik (76%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan video animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPAS kelas IV SDN 111/I muara Bulian sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPAS.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model Problem Based Learning, video animasi, pemahaman konsep peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RINDIANI
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:44
Last Modified: 05 Apr 2024 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62855

Actions (login required)

View Item View Item