Rahma Izandy, Cahaya (2024) Implementasi Modul Ajar Dalam Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi modul ajar dalam kurikulum merdeka. Modul ajar merupakan bagian dari kurikulum merdeka, modul ajar kurikulum merdeka merupakan pengganti RPP. Modul ajar ini digunakan oleh guru sebagai panduan pembelajaran di kelas supaya proses pembelajaran berjalan dengan tearah, namun dalam pengimplementasian modul ajar tersebut masih terdapat beberapa kendala seperti masih ada beberapa guru yang mengajar lebih dari satu jurusan yang mana guru harus menyiapkan modul ajar yang berbeda-beda dimana hal itu dapat berdampak ketidak fokusan guru dalam merancang modul ajar yang akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi modul ajar dalam kurikulum merdeka, kendala dalam pengimplementasian modul ajar dalam kurikulum merdeka serta bagaimana solusi terhadap kendala yang terjadi dalam implementasi modul ajar dalam kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dam dokumentasi. Dengan subjek penelitian ini yakni waka kurikulum dan 5 tenaga pendidik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Selanjutnya menggunakan triagulasi untuk menguji keabsahan data.Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya implementasi modul ajar dalam kurikulum merdeka mencangkup langkah-langkah pembelajaran, pendekatan kontekstual, profil pelajar pancasila, dan asesmen pembelajaran, namun terdapt beberapa kendala seperti guru yang mengajar lebih dari satu jurusan sehingga harus membuat modul ajar yang berbeda-beda yang mana menimbulkan ketidak fokusan dalam merancang modul ajar yang akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan siswa, dan juga terdapat perbedaan karakter siswa dalam satu kelas, akan tetapi hambatan tersebut telah di atasi dengan melaksanakan diklat IHT kepada tenaga pendidik, serta memberikan nasehat dan motivasi terhadap peserta didik supaya pembelajarannya menjadi lebih baik lagi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Implementasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | IZANDY |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 06:37 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |