UTAMI, SRI (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMA N 17 TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_SRI UTAMI-NIM-A1E120025.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (582kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul hubungan konsep diri akademik dengan efikasi diri pada siswa SMA N 17 Tebo dilatar belakangi oleh adanya keraguan, kesulitan hingga perasaan tertekan yang dialami oleh siswa dalam menghadapi tugas-tugas akademik yang menjadi faktor penting dalam mempengaruhi tingkat efikasi diri siswa. Efikasi diri didefinisikan sebagai bentuk keyakinan diri siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mengerjakan tugas-tugas akademik untuk mencapai hasil yang diinginkan. Efikasi diri siswa hendaknya dibarengi oleh konsep diri akademik, yaitu pandangan individu terhadap kemampuan diri sendiri dalam menentukan cara menghadapi tugas-tugas akademik dengan penuh keyakinan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan konsep diri akademik dengan efikasi diri pada siswa SMA N 17 Tebo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi dengan analisis korelasi Product Moment Pearson. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 17 Tebo. Adapun penarikan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling yakni pengambilan sampel dengan memilih kedalam tingkatan tertentu sehingga masing-masing tingkatan terwakili dengan perolehan sampel sebesar 84 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Teknik analisis datanya adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji analisis korelasi dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil perhitungan presentase dari variabel konsep diri akademik yakni sebanyak 64,81% dan hasil presentase efikasi diri sebanyak 65,33%. Sedangkan pada hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa adanya nilai hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri akademik dengan variabel efikasi diri dengan hasil r hitung sebesar 0.610 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,212. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri akademik (X) maka semakin tinggi pulas efikasi diri (Y) pada siswa. Oleh karena itu disarankan untuk peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji dan memperdalam wawasan mengenai efikasi diri dan konsep diri akademik agar nantinya mampu mendapatkan hasil yang lebih baik lagi atau lebih maksimal. Selain itu diharapkan kepada guru BK dapat memberikan dorongan berupa kepercayaan dan keyakinan diri pada siswa guna membantu dalam peningkatan hasil belajar yang baik lagi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri akademik, Efikasi diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | UTAMI |
Date Deposited: | 03 May 2024 06:37 |
Last Modified: | 03 May 2024 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |