Auldila, Pebri (2024) Pengaruh Bullying Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (816kB) |
Abstract
Minat belajar merupakan dorongan dari dalam diri individu dalam mempelajari sesuatu dengan penuh semangat. Fenomena ini dapat dilihat bahwa terdapat siswa siswi yang memiliki minat belajar yang rendah. Minat belajar yang rendah dilihat pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, terdapat siswa yang kurang berkonsentrasi, dan kurang memperhatikan pada saat pembelajaran. Minat belajar yang rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor ekternal dan internal. Faktor eksternal salah satunya yaitu adanya perilaku bullying. Terdapat siswa siswi yang memiliki minat belajar rendah yang disebabkan adanya bullying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh perilaku bullying terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost –facto yang memiliki tujuan untuk menemukan penyebab yang dapat merubah perilaku,gejala ataupun fenomena yang diakibatkan suatu peristiwa. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 223 siswa yang terdiri dari kelas VIII A- VIII G dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa dengan penarikan sampel menggunakan pourposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dengan sekala pengukuran menggunakan skala likert, Data diolah menggunakan uji persentase dan analisis regresi sederhana kemudian mengambil kesimpulan secara deduktif atau dari umum ke khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku bullying yang dimiliki siswa siswi SMP Negeri 7 Muaro Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 50,10% sedangkan minat belajar yang dimiliki siswa siswi SMP Negeri 7 Muaro Jambi berada pada kategori sedang dengan persentase 47,42%. Yang artinya perlu perhatian lebih untuk meningkatkan minat belajar yang ada di sekolah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai R Square yang diperoleh yakni 0,146 yang artinya variabel bullying (X) memberikan kontribusi terhadap variabel minat belajar (Y) dan menunjukan determinasi barada pada angka 0,146 atau 14,6 %. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0,146 atau 14,6 % berada pada kategori rendah tapi pasti (0,05 – 0,16) maka penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bullying (X) terhadap minat belajar (Y).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Auldila |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:34 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |