Yulida, Afri Mimin (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Afri.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover Afri.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan dan Hal Pengesahan Afri.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
Abstrak Afri.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
BAB I Afri.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB V Afri.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka menuntut guru untuk dapat memanfaatkan tekonolgi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan dalam kurikulum merdeka dengan penggunaan strategi berorientasi pada minat, bakat dan potensi peserta didik dapat dicapai melalui pembelajaran berdiferensiasi. Adanya perubahan kurikulum tersebut, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dikalangan sekolah masih belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut dikembangkan E-Modul berbasis flipbook interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan E-Modul berbasis flipbook interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Adhyaksa 1 Jambi dan (2) untuk mengetahui kelayakan E-Modul berbasis flipbook interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Adhyaksa 1 Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan model pengembangan dari Lee & Owens (2004) terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, penilaian guru dan pedapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantutatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Adhyaksa 1 Jambi. Data penelitian diperoleh dari angket kebutuhan peserta didik, angket validasi oleh validator, angket penilaian guru, angket respon peserta didik. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi (1) bahan ajar berupa E-Modul berbasis flipbook interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS kelas VII dan (2) hasil validasi produk dari ahli materi dengan persentase 87% dalam kategori sangat layak, validasi dari ahli media dengan persentase 78% dalam kategori layak, hasil penilaian guru dengan persentase 85% dalam kategori sangat layak, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 87,5% dalam kategori sangat layak serta hasil uji coba kelompok besar dengan persentasi 91,4% dalam kategori sangat layak. Adapun kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah pengembangan E-Modul berbasis flipbook interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Adhyaksa 1 Jambi Sangat Layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Modul, Fipbook Interaktif, Pembelajaran Berdiferensiasi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Yulida |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:37 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |