Sulistiani, Siska (2024) Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Keterampilan Merawat Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Iqra' Sabila Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
FULL_SKRIPSI_SISKA SULISTIANI_A1F120002.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa keterampilan merawat diri pada anak masih dikatakan kurang berkembang. Dapat dilihat dari anak yang belum terampil makan sendiri, anak belum terampil mencuci tangan, anak belum terampil mengancing baju, anak belum terampil memakai dan melepas sepatu. Terlihat dari 24 anak terdapat 18 anak yang kurang optimal dalam keterampilan merawat diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan practical life terhadap keterampilan merawat diri pada anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini “Apakah terdapat pengaruh kegiatan practical life terhadap keterampilan merawat diri anak usia 5-6 tahun di RA Iqra’ Sabila Kota Jambi.” Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh kegiatan practical life terhadap keterampilan merawat diri anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental desain. Populasi penelitian ini berjumlah 48 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 24 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi yang sesuai dengan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan merawat diri pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B3 sebagai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 8,41 dan pada (posttest) setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen meningkat 18,00. Pada kelompok B1 sebagai kelas kontrol rata-rata sebelum diberi perlakukan sebesar 8,33 dan setelah di lakukan posttes itu sebesar 10,92. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk menghitung statistika menggunakan bantuan program SPSS. Versi 25. Hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 angka ini lebih kecil < dari tingkat signifikansi yang diterapkan pada 0,05 maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian pengambilan keputusan nilai t hitung yaitu sebesar 4,005 dan untuk t tabel yaitu 1,71714 yang artinya t hitung lebih besar > dari t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan interpretasi kuat dengan nilai 2,26 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (stroing eiffeict). Dengan demikian bahwa kegiatan Practical Life terdapat pengaruh terhadap keterampilan merawat diri anak usia 5-6 Tahun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Practical Life, Keterampilan Merawat Diri, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Sulistiani |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:00 |
Last Modified: | 16 May 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |