Ayuningsih, Sri (2024) Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Dimensi Berkebinekaan Global Pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kirana Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dimensi berkebinekaan global pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi, dimensi berkebinekan global adalah dimensi yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai budaya-budaya Indonesia dan bagaimana cara menghargai perbedaan yang ada. Dimensi berkebinekaan global masih belum berjalan dengan baik di Indonesia. Masih banyak terjadi bullying yang disebabkan perbedaan yang ada, mulai dari perbedaan agama, suku dan ras. Tujuan peneliti ini adalah untuk menganalisis Nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan global pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan data primer dari hasil observasi, wawancara dan data sekunder dari dokumentasi, pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi secara terstruktur informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Kirana Kota Jambi dengan jumlah 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan global dalam pembelajaran sebagai pedoman pembelajar anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi telah terdapat nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan global, dengan mengenal identitas diri dan kebiasaan-kebiasaan budaya dalam keluarga dan lingkungan sekolah, membiasakan untuk menghormati budaya-budaya yang berbeda, menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah , mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran ,memberikan pembelajaran berbentuk projek profil pelajar Pancasila, mulai berpartisipasi menentukan pilihan untuk keperluan bersama dalam lingkungan kecil, menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan. Akan tetapi didalam pelaksanaan nya belum terlaksana secara optimal yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran. Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan global pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi sangat penting ditanamkan mulai sejak dini, dalam pembelajaran nilai-nilai berkebinekaan global mampu mengajarkan kepada anak mengenai budaya-budaya dan perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia, dan bagaimana cara menghargainya, Karena dari perbedaan tersbut dapat memicu permasalahan yang terjadi yang ada dilingkungan sekolah seperti bullying, namun tidak semua indicator yang di penuhi oleh anak. The dimension of global diversity in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City, is a dimension that aims to provide learning about Indonesian cultures and how to appreciate the differences that exist. The dimension of global diversity is still not going well in Indonesia. There is still a lot of bullying that is caused by differences that exist, starting from differences in religion, ethnicity and race. The purpose of this research is to analyze the values of the Pancasila learner profile in the dimension of global diversity in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City. This research method uses a qualitative descriptive approach. The data obtained used primary data from observations, interviews and secondary data from documentation, in this study researchers used data collection techniques by conducting observations, interviews and documentation in a structured manner, the informants in this study were Kirana Kindergarten class teachers in Jambi City with a total of 3 teachers. The results showed that the analysis of the values of the Pancasila learner profile in the dimension of global diversity in learning as a guide for early childhood learners at Kirana Kindergarten, Jambi City, had contained the values of the Pancasila learner profile in the dimension of global diversity, by recognizing self-identity and cultural habits in the family and school environment, Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the values of the Pancasila learner profile in the dimension of global diversity in learning for children aged 5-6 years in Kirana Kindergarten, Jambi City are very important. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the values of the Pancasila learner profile in the dimension of global diversity in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City are very important to be instilled from an early age, in learning the values of global diversity are able to teach children about the cultures and differences that exist in Indonesia, and how to appreciate them, because of the differences that can trigger problems that occur in the school environment such as bullying, but not all indicators are fulfilled by children.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Berkebinekaan Global, usia 5-6 tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | AYUNINGSIH |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:00 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |