Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Meta-Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA

Amanda, Rika (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Meta-Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Meta-skills berperan penting untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan mendorong keberhasilan proses pembelajaran. Namun, pengukuran meta-skills di Indonesia belum banyak dilakukan. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga tergolong kurang optimal, mengakibatkan hasil belajar juga kurang optimal. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada guru. Upaya mengoptimalkan hasil belajar siswa, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh model PjBL terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi dengan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Reseach) dengan rancangan Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel diambil sebanyak dua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur meta-skills, tes esai untuk mengukur hasil belajar kognitif, serta observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi. Analisis data menggunakan teknik uji One Way Mancova. Model pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol telah terlaksana dengan konsisten dalam tiga kali pertemuan. Hasil uji One Way Mancova terlihat bahwa: 1) Terdapat pengaruh model PjBL terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa dengan signifikasi 0,001<0,05. 2) Terdapat pengaruh model PjBL terhadap meta-skills siswa dengan signifikasi 0,001<0,05. 3) Terdapat pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan signifikasi 0,001<0,05. Implementasi model PjBL memberikan pengaruh yang besar dengan effect size partial eta square 0,219 terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan model Project Based Learning (PjBL) pada proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan model PjBL berpengaruh besar terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa. Model PjBL memiliki kelebihan pada tahapan pembelajaran yang berfokus pada siswa, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa. Selain itu, guru diharapkan mampu mengelola kelas dengan baik agar proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Meta-skills, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Amanda
Date Deposited: 17 May 2024 07:50
Last Modified: 17 May 2024 07:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63859

Actions (login required)

View Item View Item