Sholeh, Musthofa (2024) ANALISIS SALURAN, MARGIN DAN EFISIENSI PEMASARAN TERNAK SAPI DI KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak Musthofa Sholeh.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
bab 1 Musthofa Sholeh.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
bab 5 Musthofa Sholeh.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
cover musthofa.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Musthofa Sholeh.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
Skripsi Legalitas Musthofa Sholeh.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan Musthofa Sholeh.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran, margin dan efisiensi pemasaran ternak sapi di Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengambilan responden data peternak menggunakan metode simple random sampling sebanyak 66 peternak sedangkan pengambilan data pedagang menggunakan metode sensus sebanyak 10 pedagang. Data yang didapat berupa data perimer meliputi karakteristik responden, pedagang perantara dan pedagang agen, jumlah hasil ternak sapi yang dijual (Ekor), harga jual ternak sapi (Rp/Ekor), harga yang diterima oleh lembaga sebelumnya/peternak (Rp/Ekor), harga yang diterima oleh lembaga pemasaran yang lebih akhir (Rp/Ekor), biaya yang digunakan selama operasian pemasaran (Rp/Ekor). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 pola saluran pemasaran yang terdiri dari saluran pemasaran I yaitu peternak, konsumen, saluran pemasaran II yaitu peternak, pedagang pengumpul, konsumen, saluran pemasaran III yaitu peternak, blantik, konsumen, saluran pemasaran IV yaitu peternak, pedagang pengumpul, blantik, konsumen, dan saluran pemasaran V yaitu peternak, pedagang pengumpul, blantik, pasar ternak, konsumen. Margin pemasaran ternak sapi pada setiap saluran pemasaran yaitu pada saluran pemasaran I tidak terdapat margin pemasaran yang terlibat, saluran pemasaran II dengan margin sebesar Rp. 860.000 atau 5.02%, saluran pemasaran III dengan margin sebesar Rp. 886.047 atau 4.77%, saluran pemasaran IV dengan margin sebesar Rp. 2.334.362 atau 13.21%, dan saluran pemasaran V dengan margin sebesar Rp. 3.082.153 atau 17.05 %. Efisiensi pemasaran ternak sapi pada setiap saluran pemasaran yaitu pada saluran pemasaran I efisiensi pemasarannya adalah 0.00%, saluran pemasaran II efisiensi pemasarannya adalah 0.31%, saluran pemasaran III efisiensi pemasarannya adalah 2.72%, saluran pemasaran IV efisiensi pemasarannya adalah 2.72%, dan saluran pemasaran V efisiensi pemasarannya adalah 4.13%. This study aims to analyze the channels, margins, and efficiency of beef cattle marketing in Tungkal Jaya Subdistrict, Musi Banyuasin District. The study employed a survey method and utilized simple random sampling to collect data from 66 cattle farmers and a census method to gather data from 10 traders. The data collected included primary data on respondent characteristics, intermediary traders and agent traders, the number of cattle sold (heads), the selling price of cattle (Rp/head), the price received by the previous institution/farmer (Rp/head), the price received by the final marketing institution (Rp/head), and the costs incurred during marketing operations (Rp/head). The results showed that there are five beef cattle marketing channels: Channel I (farmer-consumer), Channel II (farmer-collector-consumer), Channel III (farmer-blantik-consumer), Channel IV (farmer-collector-blantik-consumer), and Channel V (farmer-collector-blantik-livestock market-consumer). The marketing margins for beef cattle in each channel are: Channel I has no marketing margin involved, Channel II has a margin of Rp 860,000 or 5.02%, Channel III has a margin of Rp 886,047 or 4.77%, Channel IV has a margin of Rp 2,334,362 or 13.21%, and Channel V has a margin of Rp 3,082,153 or 17.05%. The marketing efficiency of beef cattle in each channel is: Channel I has a marketing efficiency of 0.00%, Channel II has a marketing efficiency of 0.31%, Channel III has a marketing efficiency of 2.72%, Channel IV has a marketing efficiency of 2.72%, and Channel V has a marketing efficiency of 4.13%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | SHOLEH |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:53 |
Last Modified: | 28 May 2024 06:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |