Noprianti.K.Z, Putri and epinur, epinur and Afrida, Afrida (2024) Pengembangan E-lkpd Interaktif Materi Struktur Atom Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Liveworksheet. Universitas Jambi. ISSN 1234
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
cover..pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.fix.docx Download (7MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (304kB) |
Abstract
Bahan ajar berupa e-LKPD interaktif merujuk pada lembar kerja digital yang dirancang khusus untuk digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Bahan ajar berupa e-LKPD interaktif pada materi struktur atom ini berbasis pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pelajaran dalam konteks yang nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-LKPD interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi struktur atom pada kelas X fase E1 di SMA 11 Kota Jambi dan mengetahui tingkat kelayakan standar teoritis dan praktis bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan yang dirumuskan oleh Lee & Owens. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar wawancara. Produk yang dihasilkan dari proses pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi serta dilakukan penilaian oleh guru sebelum dilakukan uji coba terhadap kelompok kecil. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini didapatkan rerata skor oleh ahli media sebesar 4,3 dengan kategori “sangat layak” dan rerata skor ahli materi sebesar 4,3 dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil penilaian guru bidang studi kimia didapatkan rerata skor sebesar 4,6 dnegan kategori “sangat baik” dan memperoleh persentase respon peserta didik debesar 91% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa produk e-LKPD interaktif yang telah dikembangkan layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai suatu bahan belajar siswa. Teaching materials in the form of interactive e-LKPD refer to digital worksheet specifically designed for use by students in learning. Teaching materials in the form of interactive e-LKPD in atomic structure material are based on a contextual approach. The contextual approach is learning concept that helpd teacher relate lesson material in a real context and is relevant to everyday life. This research aims to determine the process of developing an interactive e-LKPD based on a contextual approach to atomic structure material in class X phase E1 at SMA 11 Kota Jambi . This research that applies the development model formulated by Lee & Owens. The instrument used consisted of an interview sheet. The products resulting from the development process are validated by media and materials experts and assessed by teachers before being tested on small groups. The analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results of this research showed that the average score by media experts was 4,3 in the “very appropriate” category and the average score for material experts was 4,3 in the “very appropriate” category. Furthermore, the results of the teacher’s assessment in the chemistry study area obtained an average score of 4,6 in the “very good” category and obtained a student response percentage of 91% in the “very good” category. Based on the results obtained, it can be concluded that the interactive e-LKPD products that has been developed is suitable for theoretical and practical use as a student learning material.
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Struktur Atom, Pendekatan Kontekstual, Liveworksheet |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | K.Z. |
Date Deposited: | 30 May 2024 05:01 |
Last Modified: | 30 May 2024 05:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |