PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN KOMUNIKASI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 001/IV KOTA JAMBI

YURIANSYAH, YURIANSYAH and Widowati, Atri and Wulandari, Bunga Ayu (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN KOMUNIKASI MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 001/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS_YURI-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover tesis yuri.pdf

Download (195kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)

Abstract

ABSTRAK Yuriansyah. 2024. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dan Komunikasi Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SDN 001/IV Kota Jambi: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or. Pembimbing (II) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd, M.EIL, Ph.D. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi langsung masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, hal ini terlihat dari rendahnya rapor pendidikan sekolah pada kompetensi numerasi, serta pengerjaan latihan dan menanggapi materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran. Selain itu kegiatan pembelajaran dikelas masih konvensional karena guru menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan alat peraga saat melaksanakan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 001/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 001/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.D SD Negeri 001/IV Kota Jambi yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi dan pemberian soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I dan II tingkat menyelesaikan soal cerita mengalami peningkatan keberhasilan rata rata kelas 69% pada meningkat menjadi 83,1 % . Kemudian untuk komunikasi matematis berdasarkan lembar observasi dengan rata rata persentase 62,9 % meningkat menjadi 79 % Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 001/IV Kota Jambi. Kata Kunci: Matematika Realistik, Soal Cerita, Komunikasi Matematis

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: YURIANSYAH
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:15
Last Modified: 11 Jun 2024 07:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64519

Actions (login required)

View Item View Item