Pengembangan Game Multimedia Interaktif Untuk Menstimulasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral Tema Lingkunganku Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Hidayah Kota Jambi

Octatya Dwiyani, Ajeng (2024) Pengembangan Game Multimedia Interaktif Untuk Menstimulasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral Tema Lingkunganku Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Hidayah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (797kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (798kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (831kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (932kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (926kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa game multimedia interaktif untuk menstimulasi perkembangan nilai agama dan moral tema lingkunganku pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hidayah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Hidayah Kota Jambi pada April 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada ahli media, ahli materi, dan guru di RA Nurul Hidayah Kota Jambi. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali menghasilkan persentase pada validasi pertama sebesar 95,83% dan dilanjutkan dengan revisi. Kemudian, pada validasi kedua dengan perolehan tertinggi yaitu didapatkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan game siap untuk diuji cobakan. Selanjutnya, validasi ahli materi dilakukan juga sebanyak dua kali. Hasil penilaian dari ahli materi pada validasi I diperoleh persentase sebesar 83,3% dengan kategori layak digunakan dengan revisi. Setelah peneliti melakukan revisi, pada validasi II memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa media pembelajaran game multimedia interaktif tema lingkunganku dengan bantuan PowerPoint sangat efektif dalam menstimulasi nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hidayah Kota Jambi sangat layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Multimedia Interaktif, Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Tema Lingkunganku, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: DWIYANI
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:05
Last Modified: 16 Jul 2024 09:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64755

Actions (login required)

View Item View Item