Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan VAK Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Termokimia

Ananda, Muhammad Fikri (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan VAK Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Termokimia. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (512kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Multimedia interaktif adalah gabungan berbagai jenis media yang berupa teks, gambar, audio, video dan animasi serta dilengkapi alat pengontrol yang bias dioperasikan oleh user sehingga pengguna bisa memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan VAK menurut ahli materi dan ahli media,mengetahui penilaian guru bidang studi kimia dan mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rat skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan VAK pada materi termokimia mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4 (Sangat Layak), ahli media sebesar 4,7 (Sangat Layak), penilaian guru sebesar 4,9 (Sangat Layak), serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 85%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan VAK sudah layak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kimia. Interactive multimedia is a combination of various types of media, including text, images, audio, video and animation, and is equipped with controls that are biased to be operated by the user so that the user can choose what they want for the next process. The study aims to find out the viability of interactive multimedia based on VAK approach according to material experts and media experts, to know the evaluation of teachers in the field of chemistry studies and to know responding students to the media developed. This research is a developmental research using the Lee & Owens developmental model. The data analysis techniques used are qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative analysis of data. (rata-rat skor jawaban dan persentase). The result of this study is that the interactive multimedia based on the VAK approach to thermochemical material got a material expert score of 4 (very worthy), media expert of 4.7 (very good), teacher rating of 4.9 (very bad), as well as got an excellent response from the pupils with a pupil response percentage of 85%. Based on development and research results, it can be concluded that interactive media based on VAK's approach already deserves to be used as one of the media in chemistry learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, VAK, Berpikir Kritis, Termokimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ANANDA
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:01
Last Modified: 10 Jun 2024 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64763

Actions (login required)

View Item View Item