Saputra, Al Indra (2024) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan KInerja Guru di SMA Negeri 8 Batanghari. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Al-Indra pengesahan.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Ail Indra Abstrak.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Al Indra Bab 1.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
Al Indra Bab 5.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Al Indra Cover.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Al Indra Daftar Pustaka.pdf Download (544kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 Batanghari. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang partisipan yaitu: kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, dan 5 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah cenderung mengacu pada jenis kepemimpinan transformasional. 2) Faktor Pendukung Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) adanya hubungan komunikasi yang baik dan harmonis; b) tersedianya sumber daya pendidik dari berbagai kualifikasi; c) kepala sekolah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola sekolah.; d) kepala sekolah membangun kepercayaan dengan guru. 3) Faktor Penghambat Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan perangkat elektronik; b) kurangnya guru dalam mengisi Platform Merdeka Belajar (PMM) dan E-Kinerja. 4) Upaya untuk mengatasi hambatan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) mengadakan pelatihan atau workshop dan membentuk kelompok belajar guru; b) senantiasa memberikan motivasi dan arahan kepada para guru; c) berupaya meningkatkan kebutuhan sarana dan prasarana yang ada; d) memberikan penghargaan kepada guru yang memenuhi syarat dan ketentuan atau berkinerja baik; e) melalukan pengawasan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 Batanghari sudah Baik
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Al Indra Saputra |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |