Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan KInerja Guru di SMA Negeri 8 Batanghari

Saputra, Al Indra (2024) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan KInerja Guru di SMA Negeri 8 Batanghari. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Al-Indra pengesahan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Ail Indra Abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Al Indra Bab 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Al Indra Bab 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Al Indra Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Al Indra Daftar Pustaka.pdf

Download (544kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 Batanghari. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang partisipan yaitu: kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, dan 5 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah cenderung mengacu pada jenis kepemimpinan transformasional. 2) Faktor Pendukung Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) adanya hubungan komunikasi yang baik dan harmonis; b) tersedianya sumber daya pendidik dari berbagai kualifikasi; c) kepala sekolah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola sekolah.; d) kepala sekolah membangun kepercayaan dengan guru. 3) Faktor Penghambat Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan perangkat elektronik; b) kurangnya guru dalam mengisi Platform Merdeka Belajar (PMM) dan E-Kinerja. 4) Upaya untuk mengatasi hambatan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) mengadakan pelatihan atau workshop dan membentuk kelompok belajar guru; b) senantiasa memberikan motivasi dan arahan kepada para guru; c) berupaya meningkatkan kebutuhan sarana dan prasarana yang ada; d) memberikan penghargaan kepada guru yang memenuhi syarat dan ketentuan atau berkinerja baik; e) melalukan pengawasan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 8 Batanghari sudah Baik

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Al Indra Saputra
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:17
Last Modified: 10 Jun 2024 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64817

Actions (login required)

View Item View Item