Nurhasana, Adri (2024) Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ADRI NURHASANAA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurhasana, Adri, 2024. Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi : Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I (2) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Kecerdasan Emosional, Pendidikan Anak Usia Dini. Salah satu karakteristik anak yang mengalami kesulitan emosi adalah memperoleh hasil belajar di bawah kemampuan akademik yang dimilikinya. Berdasarkan observasi awal pada kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi ditemukan anak tidak mandiri dan selalu ditemani orang tua saat kegiatan belajar berlangsung, anak yang bersikap temperamental, anak yang bersifat sensitif, anak yang tidak percaya diri terhadap kemampuan dirinya dan anak yang mudah kesal dan pendendam terhadap temannya. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Jenis penelitian One Grup Pretest- Posttest Desain yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakukan. Subjek yang diambil sebagai sampel benar-benar merupakan subjek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat pada populasi, sehingga sampel yang diambil adalah kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yang berjumlah 17 orang, terdiri dari 9 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis paired t test. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi Tahun ajaran 2023/2024 kecerdasan emosional anak lebih berkembang setelah diberikan treatment dengan menggunakan Metode Hypnoteaching. Hal ini bisa dilihat melalui hasil pengujian hipotesis bahwa nilai sig (0,00) < 0,05 maka menunjukkan terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 1,85 yang berada pada rentang tinggi 1,00 dengan interpretasi tinggi (Strong Effect).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hypnoteaching, Kecerdasan Emosional,Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Nurhasana |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 06:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |