ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA FASE-D DI SMP NEGERI KOTA JAMBI

YANSAH, DEVI (2024) ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA FASE-D DI SMP NEGERI KOTA JAMBI. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

[img] Text
TESIS_DEVI_YANSAH_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Yansah Devi. 2024. Asesmen Sumatif pada Pembelajaran Teks Berita Fase-D di SMP Negeri Kota Jambi: Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (II) Dr. Mukhlas Abrar, SS., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan cara pendidik merancang Asesmen Sumatif pada Pembelajaran Teks Berita Fase-D di SMP Negeri Kota Jambi, menentukan kesesuaian Asesmen Sumatif pada Pembelajaran Teks Berita Fase-D di SMP Negeri Kota Jambi, mengkontruksikan Asesmen Sumatif pada Pembelajaran Teks Berita Fase-D di SMP Negeri Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Kota Jambi meliputi, SMP N 6 Kota Jambi, SMP N 10 Kota Jambi, SMP N 11 Kota Jambi. Data penelitian berupa hasil wawancara tentang asesmen sumatif, materi ajar dalam modul ajaran, kisi-kisi soal, dan soal tes, serta hasil penilaian sumatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus). Teknik pengumpulan data Menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik telah merancang asesmen sumatif sesuai dengan panduan kurikulum Merdeka. Namun masih ada beberapa soal asesmen sumatif yang belum sesuai dengan panduan kurikulum Merdeka. Hal tersebut di tunjukkan pada soal asesmen yang dibuat oleh masing-masing pendidik. Oleh karena itu dari sebagian soal asesmen sumatif perlu dilakukan rekonstruksi oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asemsen yang dirancang oleh pendidik yang ada beberapa yang sudah sesuai dengan panduan penilaian merdeka. Namun masih ada beberapa yang belum sesuai dengan penilaian merdeka. Ada beberapa variable dalam menentukan kesesuain asesmen sumatif dengan penilaian merdeka yaitu konstruksi, bahasa, dan konten. Dari hasil penelitian rekonstruksi dilakukan karena ada beberapa asesmen sumatif yang dirancang oleh pendidik belum sesuai dengan panduan kurikulum merdeka. Rekonstruksi dilakukan dengan membuat langkah kerja dalam soal asesmen yang sudah dirancag oleh pendidik. Kemudian melakukan rekonstruksi bentuk soal pilihan ganda dan essay. Kata Kunci: Asesmen sumatif, teks berita, Kurikulum Merdeka.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Devi Yansah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:16
Last Modified: 01 Jul 2024 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65929

Actions (login required)

View Item View Item