EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 10 KOTA JAMBI DENGAN MODEL PJBL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI

Lufiah, Qonita and Hadiyanto, Hadiyanto and Kusmana, Ade (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 10 KOTA JAMBI DENGAN MODEL PJBL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra.

[img] Text
TESIS QONITA LUFIAH FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

ABSTRAK Lufiah, Qonita. (2024). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMPN 10 Kota Jambi dengan Model PJBL Berbantuan Video Animasi. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D., dan Pembimbing (2) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. Kata Kunci: Model PJBL berbantuan video animasi, Menulis, Teks Fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efek yang diberikan ketika menggunakan model PJBL berbantuan video animasi terhadap pengajaran siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi cara menulis teks fantasi. Desain Non-equivalent control group desaign yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan dalam penelitian quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Kota Jambi kelas VII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk menentukan kelas mana yang akan menerima kelompok eksperimen atau kelompok kontrol. Setiap kelas berjumlah 25 siswa, kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VII E sebagai kelompok eksperimen. Pada penelitian ini kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model PJBL dengan bantuan video animasi, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan metode konvensional. Hal tersebut dapat dilihat melalui analisis data deskriptif hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 69,44, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor arta-rata 54,40. Kemudian program SPSS 25 digunakan untuk melakukan pengujian statistic independen sampel t-tesr yang menghasilkan thitung 5.087 pada taraf signifikan 0,005 dan ttabel 2.956 yang menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (5.087 ≥ 2.956). Berdasarkan data di atas dapat dikatakan bahwa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi berhasil menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang efektif membantu siswa belajar menulis teks fantasi dengan bantuan video animasi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Qonita Lufiah
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:16
Last Modified: 01 Jul 2024 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65942

Actions (login required)

View Item View Item