Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bioteknologi di kelas X SMA

Sannarno, Frandia Genti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bioteknologi di kelas X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Biologi merupakan cabang dari Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan makhluk hidup. Berdasarkan hasil analisis, salah satu materi yang sulit dipahami peserta didik yaitu materi bioteknologi. Berdasarkan hasil analisis dibutuhkan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan semangat peserta didik saat belajar. Sehingga dilakukan pengembangan media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada materi bioteknologi. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi bioteknologi adalah untuk menganalisis hasil pengembangan produk, menganalisis kelayakan produk, dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap produk yang dikembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 85,71% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 94,44% dengan kategori “Sangat Layak“. Selanjutnya produk diujicobakan pada peserta didik yang terdiri dari kelompok kecil sebanyak 8 orang dan kelompok besar sebanyak 24 orang. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92,88% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan pada kelompok besar memperoleh persentase 91,55% dengan kategori “Sangat Layak“. Pada hasil respon guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh persentase 94,44% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada materi bioteknologi layak digunakan sebagai sumber tambahan belajar bagi peserta didik. Kata Kunci : Media pembelajaran, Bioteknologi, ADDIE, Articulate Storyline

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Bioteknologi, ADDIE, Articulate Storyline
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SANNARNO
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:18
Last Modified: 03 Jul 2024 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66147

Actions (login required)

View Item View Item