Analisis Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMK Negeri 1 Kota Jambi

Angelika, Tiara (2024) Analisis Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMK Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi Full Tiara Angelika (A1D520034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi tenaga kependidikan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan kompetensi tenaga kependidikan, dan upaya dalam menghadapi kendala yang terjadi pada peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kependidikan di SMK Negeri 1 Kota Jambi sudah memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Faktor pendukung tenaga kependidikan dalam peningkatan kompetensi adalah kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, motivasi kerja, dan komunikasi yang efektif, sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas sarana yang belum memadai dan tidak diadakannya pelatihan skill secara profesional untuk tenaga kependidikan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dengan melakukan rotasi kerja, berupaya melaksanakan pelatihan untuk tenaga kependidikan, menambah fasilitas sarana yang dibutuhkan dan melaksanakan aktivitas di luar rutinitas kerja. Kata Kunci: Kompetensi, Tenaga Kependidikan ABSTRACT This research aims to analyze the competency of education staff, supporting and inhibiting factors in increasing the competency of education staff, and efforts to deal with obstacles that occur in increasing the competency of education staff at SMK Negeri 1 Jambi City. This research is qualitative research with a phenomenological approach. Data collection through observation, interviews and documentation studies. The sampling technique used was purposive sampling. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Next, check the validity of the data using triangulation. The results of the research show that the education staff at SMK Negeri 1 Jambi City already have personality competence, social competence, technical competence and managerial competence. Supporting factors for education staff in increasing competence are educational qualifications, work experience, work motivation and effective communication, while inhibiting factors are inadequate facilities and the absence of professional skills training for education staff. Efforts are being made to improve the competency of education staff by carrying out work rotations, trying to carry out training for education staff, adding required facilities and carrying out activities outside of work routines. Keywords: Competence, Education Personnel

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Tenaga Kependidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: ANGELIKA
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:06
Last Modified: 04 Jul 2024 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66162

Actions (login required)

View Item View Item