Salshabella, Salshabella (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Konten Space and Shape Kelas X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_Salshabella_RSA1C217005.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
2. Halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Abstrak.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
4. BAB 1.pdf Download (738kB) |
![]() |
Text
5. BAB 5.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
6. Daftar pustaka.pdf Download (423kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal PISA level 4, 5 dan 6 konten Space and Shape. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi kelas XE4 tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pre-tes soal PISA, lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah PISA, dan pedoman waawancara kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan untuk soal PISA level 4 bahwa subjek SKT, SKS dan SKR dapat memenuhi semua indikator pemecahan masalah untuk soal PISA level 4 dengan baik dan benar. Untuk soal PISA level 5 hasil jawaban dan hasil wawancara bahwa hanya soal nomor 4 pada subjek SKT yang bisa memenuhi semua indikator pemecahan masalah, sedangkan untuk subjek lainnya tidak dapat memenuhi semua indikator karena tidak mampu menjawab maupun menjelaskan secara lisan mengenai penyelesaian soal PISA level 5. Maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil kemampuan pecahan masalah dan pembahasan bahwa subjek SKT, SKS dan SKR belum mampu memenuhi indikator pemecahan masalah untuk soal PISA level 5 dengan baik. Sedangkan untuk hasil soal PISA level 6 pada subjek SKT yang bisa memenuhi semua indikator pemecahan masalah, sedangkan untuk subjek lainnya tidak dapat memenuhi semua indikator karena tidak mampu menjawab maupun menjelaskan secara lisan mengenai penyelesaian soal PISA level 6. Maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah dan pembahasan bahwa subjek SKT, SKS dan SKR belum mampu memenuhi indikator pemecahan masalah untuk soal PISA level 6 dengan baik. Kata Kunci: pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalah, soal PISA, konten Space and Shape.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salshabella |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |