Sulistiawan Purnama Saputra, Irgiano (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 17/I RANTAU PURI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK (3).pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I (2).pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB V (3).pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
COVER (3).pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis TPACK terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 17/I Rantau Puri pada tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian pre-eksperimental (pra eksperimen) dengan desain penelitian “pre-test serta post-test one group design” yakni penelitiannya hanya memakai satu kelas eksperimen dan tidak ada kelas lain yang dijadikan perbandingan ataupun kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes soal kepada siswa sebelum adanya perlakuan kemudian dengan memberikan tes soal setelah perlakuan. Kemudian data diolah untuk membandingkan hasil belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian dengan hasil uji t menggunakan SPSS 20 dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 9.109 > 2,055. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran berbasis TPACK terhadap hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, TPACK, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |