Wulandari.w, Reftiani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (542kB) |
Abstract
ABSTRAK Reftiani Wulandari. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or. (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Tujuan pembelajaran tercapai perlu adanya dorongan dari bagaimana aktifnya peserta didik. Keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. peserta didik harus aktif dalam membangun pemahaman atas persoalan dan segala sesuatu yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar dilaksanakan secara maksimal maka akan berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Pada penelitian awal dimana masih terdapat hasil belajar peserta didik yang rendah. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara menghadapkan para peserta didik dengan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan nyata dan peserta didik mencoba untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dilakukan dengan sintak yang terdapat pada model pembelajaran PBL, subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi dan wawancara. Hasil pada penelitian ini yaitu Aktivitas belajar IPAS setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat yang mana dari 5 indikator yang telah terlaksana dengan baik pada proses pembelajaran yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Peningkatan aktivitas belajar dan hsail belajar tersebut ditandai dengan kemampuan peserta didik dalam bekerja sama, menunjukkan rasa tanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan bersama teman kelompok, kompromi dan berkomunikasi dengan baik dengan teman sejawat dan hasil belajar IPAS setelah juga mengalami meningkat. Dimana ditandai dengan pemerolehan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan untuk mencapai KKM yang telah ditentukan, sehingga penerapan PBL ini dapat memberikan dampak baik pada hasil belajar peserta didik Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, PBL Achieving learning objectives requires encouragement from how active students are. Students' activeness in learning activities to construct their own knowledge. Students must be active in building an understanding of the problems and everything they face in the learning process. Learning activities carried out optimally will influence student learning outcomes. In initial research, there were still low student learning outcomes. The Problem Based Learning learning model is a learning model that is student-centered by confronting students with various problems faced in real life and students try to solve these problems. This research uses a classroom action research (PTK) model which is carried out in two cycles consisting of four stages starting from planning, action, observation and reflection. The implementation of learning in this research was carried out using the syntax contained in the PBL learning model. The research subjects in this study were class IV students with a total of 20 students. Data collection techniques in research are observation and interviews. The results of this research are that science learning activities after using the Problem Based Learning learning model have increased, which of the 5 indicators has been implemented well in the learning process carried out in 2 cycles. The increase in learning activities and learning outcomes is characterized by students' ability to work together, show a sense of responsibility in carrying out assigned tasks with group friends, compromise and communicate well with colleagues and science and science learning outcomes have also increased. Where it is characterized by the achievement of student learning outcomes that have increased to achieve the predetermined KKM, so that the implementation of PBL can have a good impact on student learning outcomes. Keywords: Activities, learning outcomes, PBL
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Activities, learning outcomes, PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | REFTIANI WULANDARI W |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:17 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |