Sari Permata, Rika (2024) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
FILE SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 11 September 2023 di kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan jumlah siswa 68 orang (95,2%) sedangkan analisis kebutuhan siswa dengan jumlah siswa 58 orang (81,2%) yang membutuhkan media pembelajaran dan 35 (18,8%) siswa tidak butuh media ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk media video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Subjek pengembangan media video animasi pembelajaran sejarah diujicobakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan pada uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang dan uji coba kelompok besar berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan media video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube menggunakan desain model 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Define yaitu riset kebutuhan untuk melihat yang dibutuhkan oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Design yaitu merancang video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube agar dapat menghasilkan produk yang teruji. Develop yaitu pengembangan yang teruji ahli dan diujicobakan pada kelompok kecil dan besar. Disseminate untuk melihat efektivitas produk yang dihasilkan dari kelas pembanding. 2) Penggunaan video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t yaitu sebesar 0,002 dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, guru sejarah dianjurkan untuk menggunakan media video animasi pembelajaran sejarah berbasis youtube pada saat proses pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menarik dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animated Video Media, Youtube, and Critical Thinking Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:54 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |