Tindaon, Piana (2024) Pengembangan e-LKPD Terintegrasi PjBL-STEM Pada Materi Laju Reaksi Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa SMA. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN e-LKPD TERINTEGRASI PJBL-STEM PADA MATERI LAJU REAKSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (503kB) |
Abstract
e-LKPD merupakan lembar kegiatan peserta didik elektronik yang menyajikan materi kimia dengan menarik dan mudah untuk digunakan serta dapat diakses melalui handphone, komputer maupun teknologi lainnya. Model pembelajaran yang digunakan adalah PjBL-STEM. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk berpikir logis dan memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah dan menghasilkan produk melalui kegiatan project yang terintegrasi dengan keterampilan STEM yang diperoleh dari pengalaman dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan e-LKPD terintegrasi PjBL-STEM pada materi laju reaksi untuk menumbuhkan kreativitas siswa, mengetahui hasil kelayakan konseptual, penilaian guru, dan respons peserta didik. Pengembangan e-LKPD terintegrasi PjBL-STEM menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan di validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dilakukan penilaian oleh guru yang kemudian di ujicobakan satu satu dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebuah produk berupa e-LKPD terintegrasi PjBL-STEM pada materi laju reaksi, yang telah di validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan rerata skor 4,8 dan 4,77 dengan kategori “sangat layak” sehingga dapat diujicobakan. Selanjutnya penilaian guru diperoleh 4,85% dengan kategori “sangat baik”, serta mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase pada uji coba satu satu 86,9% dan pada uji coba kelompok kecil 87% dengan kategori “sangat baik” Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-LKPD terintegrasi PjBL-STEM yang dikembangkan layak digunakan secara teoritis berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta sangat baik dan praktis berdasarkan hasil penilaian guru dan respons peserta didik sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi laju reaksi. e-LKPD is an electronic student activity sheet that presents chemistry material in an interesting and easy to use manner and can be accessed via cellphone, computer or other technology. The learning model used is PjBL-STEM. This learning model encourages students to think logically and have the ability to utilize technology to solve problems and produce products through project activities that are integrated with STEM skills obtained from real-world experience. This research aims to develop an integrated PjBL-STEM e-LKPD on reaction rate material to foster student creativity, determine the results of concept feasibility, teacher assessment, and student responses. Development of PjBL-STEM integrated e-LKPD using the Lee & Owens development model. The research instrument is an interview guide sheet and questionnaire. The resulting product is validated by material experts and media experts, and assessed by teachers who are then tested one by one and in small groups. The data analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The result of the research is a product in the form of an e-LKPD integrated with PjBL-STEM on reaction rate material, which has been validated by material experts and media experts with an average score of 4.8 and 4.77 in the "very feasible" category so that it can be tested. Furthermore, the teacher's assessment obtained 4.85% in the "very good" category, and received a positive response from students with a percentage in one-on-one trials of 86.9% and in small group trials 87% in the "very good" category. Based on the results obtained, it can be concluded that the PjBL-STEM integrated e-LKPD developed is theoretically suitable for use based on the validation results of material experts and media experts, and is very good and practical based on the results of teacher assessments and student responses as a learning resource that can help students in understanding reaction rate material.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tindaon |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |