Fatmawati, Fatmawati (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
abstrak.pdf - Published Version Download (7kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version Download (152kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version Download (129kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
cover.pdf - Published Version Download (22kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
daftar rujukan.pdf - Published Version Download (364kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN IPAS SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Fatmawati.pdf - Published Version Download (773kB) |
Abstract
Penelitian ini bertuan untuk: 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik menggunakan Wizer. Me. 2) Mendeskripsikan validitas pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik menggunakan Wizer. Me. 3) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik menggunakan Wizer. Me.Penelitian ini merupakan Reseach and Develovment (R&D) dengan menggunakan gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE analyze (menganalisis), design (desain), develop (mengembangkan), implement (melaksanakan), dan evaluate (evaluasi). Penelitian ini dilakuan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan April 2024. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara untuk menganalisis kebutuhan peserta didik, angket respon pendidik dan peserta didik sebagai tolak ukur kepraktisan produk lembar kerja menggunkan Wizer. Me.Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan Wizer. Me pada mata pelajaran IPAS kelas v sekolah dasar menunjukkan bahwa hasil akhir validasi materi memperoleh skor penilaian 4,9 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa dengan skor 4,8 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media memperoleh skor penilaian 4,7 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan lembar kerja juga dinilai melalui angket respon pendidik menghasilkan rata-rata 4,4 dan peserta didik 4,56 dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini setelah dinyatakan valid oleh ketiga ahli tersebut maka dapat dinyatakan bahwa lembar kerja menggunakan Wizer. Me dapat di lakukan uji coba pada sekolah tujuan. Hasil kepraktisan ini menunjukkan bahwa produk pengembangan layak digunakan dan diterapkan pada mata pelajaran IPAS kelas v sekolah dasar. This research aims to: 1) Describe the procedure for developing electronic student worksheets using Wizer. Me. 2) Describe the validity of developing electronic student worksheets using Wizer. Me. 3) Describe the practicality of developing electronic student worksheets using Wizer. Me. This research is Research and Development (R&D) using a combination of qualitative and quantitative approaches. The development model used is ADDIE analyze, design, develop, implement and evaluate. This research was carried out at SD Negeri 34/I Teratai in April 2024. This research data was obtained from interviews to analyze student needs, questionnaire responses from educators and students as a benchmark for the practicality of worksheet products using Wizer. Me. Results of research and development of student worksheets using Wizer. Me in the science and science class fifth elementary school subject showed that the final results of material validation obtained an assessment score of 4.9 in the very valid category. Validation results by language experts with a score of 4.8 in the very valid category. The media validation results obtained an assessment score of 4.7 with a very valid category. The practicality of the worksheet was also assessed through a questionnaire. Educator responses produced an average of 4.4 and students' 4.56 in the very practical category. From the results of this research, after being declared valid by the three experts, it can be stated that the worksheet uses Wizer. Me can be tested at the target school. These practical results show that the development product is suitable for use and application in grade 5 science and science subjects in elementary schools.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD elektronik, Wizer. Me, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |