Efektivitas Penerapan e-Modul Berbasis Abil Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Larutan Peyangga

Fitri Handayani, Asih (2024) Efektivitas Penerapan e-Modul Berbasis Abil Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Larutan Peyangga. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (144kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
cover-1-2.pdf

Download (104kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Skripsi_Asih Fitri Handayani_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (226kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu aspek yang berperan penting dalam kemajuan suatu negara. Pendidikan Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, mengidektifikasi, menganalisis, mengevaluasi argument dan lain lain. Berdasarkan dengan usaha mengembangkan kemampuan argumentasi siswa, Efektivitas Penerapan e-modul berbasis abil cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-modul berbasis abil terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi larutan peyangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adlaah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI F1 A. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa nilai rata rata kelas sampel sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Pelaksaan kelas sampel mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi dari uji t-depent = 0,000<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak pada materi larutan peyangga di kelas XI F1 A. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengguaan e-modul berbasis abil dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa setelah diterapkan dikelas sampel pada materi larutan peyangga di SMAN 11 Muaro Jambi dan terdapat banyak factor pada materi larutan peyangga yang dibuktikan dari uji tdependen dan uji n-gain yang dilakukan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul Berbasis Abil, Kemampuan Argumentasi, Argumentasi Toulmin, Larutan Peyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: HANDAYANI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:48
Last Modified: 17 Jul 2024 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68290

Actions (login required)

View Item View Item