HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

S, FIRMAN HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR.

[img] Text
1. COVER BARUU.docx

Download (110kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
9.10 DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I baru.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Firman S, 2018 “Hubungan Pemanfaatan Media Visual dengan Hasil belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar negeri Kota Jambi”. Skripsi. Pembimbing 1 Drs. Arsil, M.Pd Pembimbing II Drs. Faisal Chan, S.Pd,M.si. Kata kunci : media visual, IPA, hasil belajar Media visual merupakan semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata. Media visual memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Hasil belajar diartikan sebagai belajar tingkah laku yang ditimbulkan dari tidak tahu menjadi tahu, timbul dari pengertian baru, perubahan dalam sikap dan kebiasaan, menghargai sifat-sifat social emosional pertumbuhan jasmani. Hasil belajar adalah hasil interaksi tindak belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang diartikan sebagai metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada pupolasi atau sample tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajar IPA siswa di Sekolah Dasar negeri 131/IV Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan ∅ yang diperoleh yaitu 0,313 dan jika nilai ∅ tersebut dikonsultasikan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,232 dan rtabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 0,302 , maka nilai ∅ tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan nilai rtabel atau 0,232<0,313>0,302.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FIRMAN S
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:14
Last Modified: 24 Jan 2019 01:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6833

Actions (login required)

View Item View Item