Celin, Dimas Ananda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP MUHAMMADIYAH KUALA TUNGKAL. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
Abstract
Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk menyampaikan suatu materi. Bukan hanya sekedar alat bantu untuk menyampaikan, media pembelajaran juga harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di kelas agar dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pop up book adalah media pembelajaran yang dapat digunakan pada kondisi tanpa jaringan internet dan jaringan listrik. Pop up book merupakan media pembelajaran yang unik karena memiliki unsur 3D didalamnya, yang dapat menarik minat serta perhatian pembacanya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yakni media pop up book pada materi ekosistem untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengatahui kelayakan produk, angket penilaian guru dan uji coba yang disebarkan kepada kelompok kecil yang berjumlah 6 siswa dan kelompok besar yang berjumlah 19 siswa. Pada hasil validasi ahli materi media pop up book mendapatkan persentase akhir 88,33% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi media mendapatkan persentase akhir sebesar 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa yang terdiri dari kelompok kecil dengan persentase 89,23% dengan kategori “Sangat Baik”, selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar dengan persentase 90,24% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya pada respon guru bidang studi IPA media pop up book mendapatkan persentase sebesar 91,66% dengan kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan media pop up book pada materi ekosistem layak digunakan oleh siswa dan guru dan dapat digunakan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop up book, Media pembelajaran, 4D, Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | CELIN |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |