Uji Validitas Isi Modul "Stik Angka" untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Autisme di SDIT An-Nahl Percikan Iman Jambi

Septifani, Nurul Dwi (2024) Uji Validitas Isi Modul "Stik Angka" untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Autisme di SDIT An-Nahl Percikan Iman Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Nurul Dwi Septifani_G1C120001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (448kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Bab V (1).pdf

Download (281kB)
[img] Text
Daftar pustaka (1).pdf

Download (293kB)

Abstract

UJI VALIDITAS ISI MODUL “STIK ANGKA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA AUTISME DI SDIT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI 1Nurul Dwi Septifani, 2Yun Nina Ekawati, 3Marlita Andhika Rahman 1Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ nurulwiwi17@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ yun_nina.e@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ marlita.rahman@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Siswa autisme umumnya mengalami gangguan pada keterampilan sosial, komunikasi, dan perilaku yang mempengaruhi performa akademiknya, salah satunya kemampuan berhitung. Adanya media belajar yang tepat akan mendukung perkembangan siswa dalam berhitung. Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul “stik angka” untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa autisme di SDIT An-Nahl Percikan Iman Jambi. TUJUAN Mengetahui hasil uji validitas isi modul “stik angka” untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa autisme di SDIT An-Nahl Percikan Iman Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis uji validitas isi modul yang menggunakan teknik analisis Aiken’V. Modul ini dinilai oleh para validator yaitu satu psikolog klinis, satu psikolog pendidikan, satu guru SD dan satu guru pendamping. HASIL Penelitian ini menunjukkan hasil uji validitas isi modul yang bergerak dari rentang skor 0,81 hingga 0,87 dengan kategori sangat tinggi. Hasil validasi lembar evaluasi kemampuan berhitung terdapat 5 item dengan rentang skor 0,68 hingga 0,75 dan 5 item dengan skor 0,81. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul “stik angka” merupakan modul yang valid melalui uji validitas isi, dengan beberapa perbaikan berdasarkan saran perbaikan validator. KESIMPULAN Modul “stik angka” untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa autisme dapat disimpulkan sebagai modul yang valid melalui uji validitas isi. Kata kunci: Uji validitas isi, modul, stik angka, kemampuan berhitung, autisme.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uji Validitas Isi, Modul, Stik Angka, Kemampuan Berhitung, Autisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Septifani
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:41
Last Modified: 09 Oct 2024 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71226

Actions (login required)

View Item View Item