Simanjuntak, Jonelta Thessa Suryani (2024) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E di SMK N 1 Batanghari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (971kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Namun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMK N 1 Batanghari ternyata masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental research. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK N 1 Batanghari yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang telah di validasi oleh ahli. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t testt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E dapat memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Problem solving ability is one of the objectives of mathematics learning that must be possessed by students. However, the mathematical problem solving ability of students at SMK N 1 Batanghari is still relatively low. One effort that can be made to overcome this problem is to apply the Learning Cycle 5E learning model. This study examines the effect of implementing the learning cycle 5E learning model on improving students' mathematical problem solving abilities. The approach used in this study is a quantitative approach with a quasi-experimental research type. The sample in this study were class X students at SMK N 1 Batanghari consisting of two classes, namely the experimental class and the control class. The instruments used were pretest-posttest and observation sheets for the implementation of learning that had been validated by experts. Data analysis was carried out using the independent sample t test. The results of the study showed that the learning cycle 5E learning model can provide a significant increase in students' problem solving abilities.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika, learning cycle 5e |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SURYANI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |