Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA

Tamba, Ayu Lusiana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (566kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https:repository.unja.ac.id/

Abstract

Perbedaan karakteristik dan kebiasaan belajar setiap peserta didik berbeda. Perbedaan modalitas yang dimiliki peserta didik meliputi visual, auditory, kinestetik akan mempengaruhi hasil belajar kognitif. Diperlukan model pembelajaran VAK untuk menggabungkan ketiga modalitas atau gaya belajar peserta didik menjadi satu, agar peserta didik mendapatkan pengalaman langsung dan menyenangkan dalam proses pembelajaran sehingga tercapai hasil belajar kognitif yang optimal. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Sampel penelitian pada kelas E-X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas E-X.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian berupa test dan non tes. Intrumen test berupa pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Analisis data observasi keterlaksanaan sintaks dengan mengisi lembar observasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu uji linearitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah One Way Ancova. Hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan, yaitu rata-rata nilai post-test sebesar 58 dan kelas kontrol sebesar 30,35. Berdasarkan hasil uji One Way Ancova, effect size dengan perolehan nilai partial eta squared 0,174 > 0,14 (Large Effect). Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif di kelas yang menggunakan model pembelajaran VAK dibandingkan kelas yang menggunakan model problem based learning pada kegiatan pembelajaran dengan mengendalikan pengetahuan awal (kovariat). Terdapat effect size pengaruh model pembelajaran VAK dengan pengaruhnya besar. Dengan hasil penelitian ini, disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran VAK dalam mengoptimalkan hasil belajar kognitif yang tetap memperhatikan segala kondisi sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: VAK, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: TAMBA
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:11
Last Modified: 21 Oct 2025 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71999

Actions (login required)

View Item View Item