Mailani, Novi (2024) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
2. COVER - NOVI MAILANI.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN - NOVI MAILANI.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
4. BAB I-SKRIPSI NOVI MAILANI.pdf.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
1. SKRIPSI FULL - NOVI MAILANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
5. BAB V-SKRIPSI NOVI MAILANI.pdf.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA-SKRIPSI NOVI MAILANI.pdf.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK-SKRIPSI NOVI MAILANI.pdf.pdf Download (57kB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah media audio visual dapat digunakan untuk mengilustrasikan konsep-konsep yang sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata. Contoh-contoh visual dapat membantu peserta didik untuk memahami elemen-elemen penting dalam penulisan teks deskripsi. Media audio visual dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis peserta didik dengan menggunakan stimulus visual dan auditori yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII H SMP Negeri 1 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik. Peserta didik lebih mudah memahami materi setelah melihat visualisasi objek yang dijelaskan melalui video. Nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan media ini. Temuan penelitian ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa media audio visual mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah turut mendukung keberhasilan penerapan media ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran menulis teks deskripsi berlangsung baik. Video yang ditampilkan membantu peserta didik memahami struktur teks deskripsi, yang kemudian diterapkan dalam kegiatan menulis. The background to this research is that audio-visual media can be used to illustrate concepts that are difficult to explain using words alone. Visual examples can help students understand the important elements in writing descriptive text. Audio visual media was chosen as a solution to improve students' understanding and writing skills by using more interesting visual and auditory stimuli. This research uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interviews and document analysis. This research aims to describe the application of audio visual media in learning to write descriptive text in class VII H of SMP Negeri 1 Jambi City. The research results show that the application of audio visual media has a positive impact on improving students' ability to write descriptive text. Students understand the material more easily after seeing visualizations of objects explained via video. The average score of students has increased after implementing this media. The findings of this research are in line with previous research which shows that audio-visual media is able to increase students' involvement and understanding in the learning process. The availability of adequate facilities and infrastructure in schools also supports the successful implementation of this media. Therefore, it can be concluded that the application of audio-visual learning media in learning to write descriptive text is going well. The video shown helps students understand the structure of descriptive text, which is then applied in writing activities.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Audio Visual, Teks Deskripsi, Learning, Audio Visual, Text Description. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Mailani |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:37 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |