UJI VALIDITAS ISI E-BOOKLET PEMBELAJARAN TAHFIDZ “JUZ AMMA: HAFALAN SERU DAN MENYENANGKAN” UNTUK GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN CAPAIAN TARGET HAFALAN SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MI NURUL HIDAYAH KOTA JAMBI

Kurniawan, Dimas Surya Dwi and Andriani, Annisa and Rahman, Marlita Andhika (2024) UJI VALIDITAS ISI E-BOOKLET PEMBELAJARAN TAHFIDZ “JUZ AMMA: HAFALAN SERU DAN MENYENANGKAN” UNTUK GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN CAPAIAN TARGET HAFALAN SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MI NURUL HIDAYAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN, DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

LATAR BELAKANG: Program Tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) semakin diminati karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan spiritual siswa. Namun, pelaksanaannya menghadapi kendala seperti motivasi siswa yang rendah, metode menghafal monoton, dan ketiadaan panduan tertulis. Media ini dirancang dengan pendekatan psikologi pendidikan untuk membantu guru mengelola pembelajaran secara efektif, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam program Tahfidz. TUJUAN: Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-booklet dan menguji validitas isinya sebagai media pembelajaran untuk guru dalam meningkatkan capaian hafalan siswa. METODE: Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3D (Define, Design, and Develop). Validasi dilakukan oleh tiga validator, diantaranya psikolog pendidikan, dosen psikologi pendidikan, dan guru tahfidz. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif melalui lembar validasi E-booklet serta pengolahan data yang menggunakan Aiken’s V. HASIL: Hasil validasi menunjukkan e-booklet memiliki validitas tinggi, dengan 45 butir item memiliki validitas sangat tinggi yang bergerak dari skor 0,83 hingga 1, sedangkan 5 butir item lainnya memiliki validitas tinggi yang memiliki skor di angka 0,75. KESIMPULAN: E-booklet ini terbukti valid dan efektif sebagai media pembelajaran inovatif untuk program tahfidz. Kata Kunci: Validitas isi, e-booklet, tahfidz, psikologi pendidikan, capaian target hafalan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: kurniawan
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:18
Last Modified: 23 Dec 2024 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73084

Actions (login required)

View Item View Item