Pengaruh Program Pendidikan Guru Penggerak, Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran, dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Provinsi Jambi

Firmansyah, Firmansyah (2025) Pengaruh Program Pendidikan Guru Penggerak, Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran, dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Provinsi Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN TESIS_FIRMANSAH.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Cover firmansyah.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Abstrak Firmansyah.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I Firmansayah.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V Firmasnayah.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Dapus Firmasnata.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Full Tesis Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh program pendidikan guru penggerak, kompetensi kepemimpinan pembelajaran dan beban kerja guru terhadap kinerja para guru di sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Penelitian ini dilakukan di sekolah-sekolah yang memiliki guru penggerak yang ada di provinsi jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Smart PLS. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner melalui aplikasi google form. Teknik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data kuesioner lalu dibuat analisis deskriptif dan hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh program pendidikan guru penggerak terhadap kinerja guru memiliki signifikansi 0,000 atau kurang dari 0.05 dengan t hitung 3.183 (> t tabel 1.95) maka dapat dinyatakan bahwa variabel pendidikan guru penggerak memberikan pengaruh terhadap kinerja guru secara signifikan dan nyata, pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0.235, sehingga dapat dinayatakn bahwa pendidikan guru penggerak memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Pengaruh kompetensi kepemimpinan pembelajaran terhadap kinerja guru memiliki signifikansi 0,000 atau kurang dari 0.05 dengan t hitung 5.042 (> t tabel 1.95) maka dapat dinyatakan bahwa variabel kompetensi kepemimpinan pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kinerja guru secara signifikan dan nyata, pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0.387, sehingga dapat dinayatakn bahwa kompetensi kepemimpinan pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Pengaruh beban kerja guru terhadap kinerja guru memiliki signifikansi 0,000 atau kurang dari 0.05 dengan t hitung 5.598(> t tabel 1.95) maka dapat dinyatakan bahwa variabel beban kerja guru memberikan pengaruh terhadap kinerja guru secara signifikan dan nyata, pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0.348, sehingga dapat dinyatakan bahwa beban kerja guru memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru. Pengaruh pendidikan guru penggerak, kompetensi kepemimpinan pembelajaran, dan beban kerja guru memiliki signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan F hitung 344,067 (> F tabel 2,65) maka dapat dinyatakan bahwa variabel pendidikan guru penggerak (X1, Kompetensi Kepemimpinan (X2), dan beban kerja guru (X3) memberikan pengaruh signifikan, sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel independent X mempengaruhi Y secara simultan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru penggerak, kepemimpinan pembelajaran, beban kerja guru, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: FIRMANSAH
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:05
Last Modified: 07 Jan 2025 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73535

Actions (login required)

View Item View Item