Mundori, Mundori (2025) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Berbasis Kurikulum Merdeka : Study Kasus di SMPIT An-Nahl Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstarak.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
Full Tesis Mundori.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan (mundori).pdf Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPIT An-Nahl, yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada satuan pendidikan untuk mengelola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sehingga menuntut kepala sekolah untuk menjalankan peran kepemimpinan yang inovatif dan strategis. Pendekatan penelitian adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pemimpin yang mampu memotivasi guru untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, menyediakan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar, serta menjalin kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di SMPIT An-Nahl. Kepala sekolah juga menjalankan fungsi sebagai supervisor dengan melakukan evaluasi rutin dan memberikan apresiasi, masukan dan umpan balik yang konstruktif kepada guru. Kesimpulannya, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menjadi faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka. Rekomendasi penelitian ini adalah penguatan kepemimpinan bagi kepala sekolah, peningkatan professional pendidik serta peningkatan sinergi antara sekolah, masyarakat, dan pemerintah dalam mendukung peningkatan mutu Pendidikan di SMPIT An-Nahl .
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, mutu pendidikan, Kurikulum Merdeka, studi kasus, SMPIT An-Nahl |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Mundori |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 01:32 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 01:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |