Pengaruh Kompetensi Sosial Emosional Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi dan Lingkungan Belajar terhadap WellBeing Siswa di SMP Negeri Kota Jambi

Nursulis, Marfu'ah (2025) Pengaruh Kompetensi Sosial Emosional Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi dan Lingkungan Belajar terhadap WellBeing Siswa di SMP Negeri Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (186kB)

Abstract

Well-being merupakan kondisi yang akan mendorong siswa untuk memberikan peranan efektif dalam kehidupannya yang berdampak pada sikap positif dan selalu dalam keadaan bahagia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial emosional guru terhadap well-being siswa; Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap well-being siswa; Pengaruh lingkungan belajar terhadap well-being siswa; Pengaruh secara simultan kompetensi sosial emosional guru, pembelajaran berdiferensiasi dan lingkungan belajar terhadap well-being siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sejumlah 4000 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 364. Pengumpulan data menggunakan kuisioner google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel kompetensi sosial emosional guru didapatkan nilai t hitung lebih besar dari 1.967 (8.246 > 1,967). (2) Variabel pembelajaran berdiferensiasi didapatkan nilai t hitung lebih besar dari 1,967 (5.639 > 1,967). (3) Variabel lingkungan belajar didapatkan nilai t lebih besar dari 1,967 (2.741 > 1,967). Berdasarkan hasil penelitian, kompetensi sosial emosional guru, pembelajaran berdiferensiasi dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap well-being siswa

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Emosional Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Lingkungan Belajar, Well-Being
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Marfu'ah Nursulis
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:33
Last Modified: 08 Jan 2025 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73686

Actions (login required)

View Item View Item