Keterampilan Menulis Teks Laporan dari Hasil Pengamatan pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Lathifah, Resti (2024) Keterampilan Menulis Teks Laporan dari Hasil Pengamatan pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keterampilan menulis teks laporan dari hasil pengamatan yang terdiri dari aspek struktur teks dan judul, kaidah kebahasaan, dan isi teks pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN. 80/1 Km. 3 Muara Bulian pada Januari 2024 hingga Mei 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara dengan wali kelas V. Kemudian, penugasan kepada peserta didik (sebagai data utama) dan penyebaran kuisoner kepada peserta didik (sebagai data penunjang). Setelah data dikumpulkan, hasil tes dianalisis menggunakan instrumen penilaian keterampilan menulis teks laporan dari hasil pengamatan, dan selanjutnya dideskripsikan serta dikategorikan menggunakan kategori penilaian. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan ini karena sesuai dengan tujuan penelitian. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN. 80/1 Km. 3 Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis teks laporan dari hasil pengamatan pada peserta didik kelas V sekolah dasar berada pada tingkatan cukup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan dari hasil pengamatan pada peserta didik kelas V sekolah dasar dikategorikan cukup. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks laporan dari hasil pengamatan, peserta didik kelas V sekolah dasar This research aims to describe report text writing skills from the results of observations consisting of aspects of text structure and titles, rules language, and text content in fifth grade elementary school students. This research was conducted at SDN. 80/1 Km. 3 Muara Bulian in January 2024 until May 2024. Research data was obtained by making observations and interview with the class V teacher. Then, assignments to students (as main data) and distribution of questionnaires to students (as data support). After the data is collected, the test results are analyzed using instrument for assessing skills in writing report texts from observation results, and then described and categorized using assessment categories. The approach to this research uses a qualitative approach with types case study research. Researchers chose this approach because it suits research purposes. The subjects in this research were VB class students SDN. 80/1 Km. 3 Estuary Bulian. The research results show skills write a report text from the results of observations on class V school students Basics are at a sufficient level. Based on the research results, it can be concluded that text writing skills report from observations on fifth grade elementary school students categorized as sufficient. Keywords: writing skills, report text from observations, participants fifth grade elementary school student

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks laporan dari hasil pengamatan, peserta didik kelas V sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: LATHIFAH
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:06
Last Modified: 10 Jan 2025 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73692

Actions (login required)

View Item View Item