PENERAPAN POLA CLAIM, EVIDENCE, DAN REASONING SEBAGAI PENGUATAN ARGUMEN PADA TULISAN TEKS ARGUMENTASI

Suryani, Irma and Abrar, Mukhlash and Kholida Dj.S, Intan (2025) PENERAPAN POLA CLAIM, EVIDENCE, DAN REASONING SEBAGAI PENGUATAN ARGUMEN PADA TULISAN TEKS ARGUMENTASI. S2 thesis, FKIP.

[img] Text
TESIS INTAN KHOLIDA DJ.S (P2A323011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER-1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK (1) (1).pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1 (1).pdf

Download (289kB)

Abstract

Dj.S, Intan Kholida. 2025. Penerapan Pola Claim, Evidence, dan Reasoning Sebagai Penguatan Argumen pada Tulisan Teks Argumentasi: tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univerrsitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Irma Suryani, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Mukhlash Abrar., S.S., M.Hum. Kata kunci: pola CER, penguatan argumen, tulisan teks argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pola CER sebagai penguatan argumen pada tulisan teks argumentasi dan untuk mengetahui keefektifan pola CER sebagai penguatan argumen pada tulisan teks argumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, pretest, dan posttest. Sumber data penelitian ini berupa dokumen dan informan. Sumber data dokumentasi berupa modul pembelajaran, LKPD hasil menulis argumentasi siswa. Informan dalam penelitian ini adalah peneliti, siswa. Hasil penelitian, 1) penerapan pola claim, evidence, dan reasoning. Secara umum, kebanyakan peserta didik telah mampu menuliskan claim dengan benar. Peseta didik yang sudah mampu menuliskan argumentasi dalam kategori evidience berarti sudah bisa menyampaikan informasi disertai dengan bukti dan fakta yang digunakan dalam argumentasi. Pada kategori alasan (reasoning) sebagian besar peserta didik dapat menuliskan reasoning dengan tepat yaitu menyertakan data atau berhubungan dengan claim dan juga evidience. 2) keefektifan pola claim, evidence, dan reasoning, memperoleh nilai N Gain sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Kategori ini termasuk ke dalam kategori efektif. Setelah dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dapat dilihat bahwa hasil tulisan argumentasi siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil menulis yang signifikan pada keterampilan menulis teks argumentasi menggunakan pola claim, evidence, dan reasoning. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa adanya keefektifan penggunaan pola claim, evidence, dan reasoning sebagai penguatan argumen pada tulisan argumentasi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: INTAN KHOLIDA DJ .S
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:30
Last Modified: 09 Jan 2025 04:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73896

Actions (login required)

View Item View Item