Syabina, Aifa Nurul (2025) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Pengelolaan Diri Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AIFA NURUL S (A1E120069).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pada penelitian yang berjudul Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Pengelolaan Diri Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadapi sebagian siswa pada masa ini dalam mengelola waktu, emosi, dan fokus belajar, yang dipengaruhi oleh tekanan teman sebaya, suasana rumah, dan tugas sekolah. Beberapa siswa mengalami kesulitan seperti menunda pekerjaan, kurang motivasi, atau tidak mengikuti aturan. Meskipun demikian, komunikasi dengan teman dan guru memberikan dukungan yang membantu mereka mengatasi tekanan tersebut. Namun, komunikasi ini tidak selalu berjalan lancar karena perbedaan sudut pandang yang bisa menjadi hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar tingkat komunikasi interpersonal siswa, tingkat pengelolaan diri siswa, serta mengungkapkan seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal terhadap pengelolaan diri siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan total sampel sebanyak 173 siswa. Alat pengumpul data yaitu menggunakan angket atau kuesioner model skala likert. Teknik analisis data menggunakan persentase dengan formula C dan model analisis regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat komunikasi interpersonal dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 74,96%, sedangkan pengelolaan diri berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 73,5%. Lalu diperoleh koefisien determinasi (R Squer) sebesar 0,256, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (komunikasi interpersonal) terhadap variabel terikat (pengelolaan diri) di SMP Negeri 16 Kota Jambi adalah sebesar 0,256, berdasarkan pada kategori cukup kuat (0,17-0,49), sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal (X) berpengaruh cukup kuat terhadap pengelolaan diri (Y). Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa menjadi penambah wawasan untuk Guru BK dengan memberikan bantuan agar siswa memahami dan mengembangkan potensi mereka dalam hubungan sosial yang lebih baik melalui bidang-bidang dan layanan bimbingan dan konseling.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal dan Pengelolaan Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SYABINA |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:53 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |