Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Marketing Agroindustri Gerai Kopi Liberika di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Sihombing, Rut Novyastri (2025) Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Marketing Agroindustri Gerai Kopi Liberika di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK (3).pdf

Download (6kB)
[img] Text
Bab I (2).pdf

Download (631kB)
[img] Text
Bab V (2).pdf

Download (517kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (275kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kegiatan Marketing Agroindustri Kopi Liberika di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat ; 2) Untuk merumuskan strategi komunikasi bisnis yang di lakukan dalam marketing Gerai Kopi Liberika di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan anlisis SWOT. Penelitian ini dilaksanakan di Gerai Kopi Liberika, Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan jumlah ukuran sampel sebanyak 31 sampel yang dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa :1) Kegiatan marketing agroindustri gerai kopi liberika dianalsisi melalui 4P yakni product,price,promotion dan place; 2)Berdasarkan diagram SWOT selisih antara nilai tertimbang dengan nilai tertimbang kelemahan pada sumbu - x (1,0) dan selisih antara nilai tertimbang peluang dengan nilai tertimbang ancaman pada sumbu - Y (1,2) berada pada kuadaran I yaitu strategi agresif (aggressive strategy). Dengan strategi yang dapat di terapkan untuk komunikasi bisnis dalam kegiatan marketing Agroindustri Gerai Kopi Liberika di Kelurahan Mekrar Jaya adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan pelayanan, kualitas produk, harga produk dan tempat, membangun komunikasi yang kuat dengan mitra bisnis, kolaborator, pemerintah serta menyesuaikan pesan komunikasi dengan audiens (pelanggan), memanfaatkan teknologi atau platform komunikasi modern untuk memperluas jangkauan dan efektivitas komunikasi, dan meningkatkan keterlibatan dalam komunitas dengan memanfaatkan program CSR dan dukungan dari pemerintah. Kata kunci : Strategi, Komunikasi Bisnis, Marketing, Kopi This study aims to: 1) Describe the marketing activities of the Liberika Coffee Agroindustry in Mekar Jaya Village, Betara District, Tanjung Jabung Barat Regency; 2) To formulate a business communication strategy carried out in the marketing of Liberika Coffee Outlets in Mekar Jaya Village, Betara District, West Tanjung Jabung Regency. The data analysis method in this study is a descriptive qualitative research method using SWOT analysis. This research was carried out at the Liberika Coffee Outlet, Mekar Jaya Village, Betara District, Tanjung Jabung Barat Regency with a total sample size of 31 samples carried out by purposive sampling. The results of the study show that: 1) The marketing activities of the agro-industry liberica coffee outlet are analyzed through 4P, namely product, price, promotion and place; 2) Based on the SWOT diagram, the difference between the weighted value and the weighted value of weakness on the axis - x (1.0) and the difference between the weighted value of opportunity and the weighted value of threat on the axis - Y (1.2) is in quadrant I, namely aggressive strategy. With strategies that can be applied for business communication in the marketing activities of the Agro-Industry Liberika Coffee Outlet in Mekrar Jaya Village, it is to increase customer trust by paying attention to service, product quality, product prices and places, building strong communication with business partners, collaborators, the government and adjusting communication messages to the audience (customers), utilizing modern communication technology or platforms to expand reach and effectiveness communication, and increasing involvement in the community by utilizing CSR programs and support from the government. Keywords: Strategy, Business Communication, Marketing, Coffee

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Business Communication, Marketing, Coffee
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: SIHOMBING
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:36
Last Modified: 13 Jan 2025 04:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73977

Actions (login required)

View Item View Item