Kotada, Annisa Latifah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU MENGGUNAKAN METODE MNEMONIK YANG DILENGKAPI DENGAN EVALUASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI TRANSPOR DAN PERTUKARAN ZAT PADA MANUSIA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
IMG_4623.pdf Download (94kB) |
Abstract
Manusia dalam proses mengingat suatu hal, hanya mengandalkan otak kiri dan kanan. Mencampurkan kedua elemen otak ini dalam proses penghafalan adalah kunci untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan kemampuan mengingat informasi. Mnemonik adalah solusi kreatif yang berfungsi sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat informasi yang tersimpan dalam memori mereka. Penelitian ini bertujuan menciptakan alat pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat konsep-konsep biologi yang kompleks dengan lebih baik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development , dan Disseminate. Penelitian ini akan dilaksanakan di MAN 1 Musi Banyuasin, Sumatera Selatan di kelas XI rumpun IPA dengan kelompok kecil berjumlah 6 siswa dan kelompok besar 28 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui hasil analisis angket validasi ahli media, ahli materi, dan angket presepsi guru sedangkan kualitatif didapatkan melalui skor penilaian validator media, validator materi, presepsi guru dan presepsi siswa. Pada hasil validasi ahli materi buku saku ini mendapatkan persentase akhir 86,66% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi media mendapatkan persentase akhir sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa yang terdiri dari kelompok kecil dengan persentase 86,38% dengan kategori “Sangat Baik”, selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar dengan persentase 86,84% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya pada respon guru bidang studi biologi mendapatkan persentase sebesar 94,99% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media buku saku menggunakan metode mnemonik yang dilengkapi dengan evaluasi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi transpor dan pertukaran zat pada manusia layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mnemonik, buku saku, zat dan transport pada manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | KOTADA |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:40 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |