ANALISIS PENGARUH PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PENJUALAN PRODUK AGROINDUSTRI KECIL DAN MENNEGAH DI KECEMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Kasus Kerupuk Ikan)

Yuliatri, Yuliatri (2025) ANALISIS PENGARUH PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PENJUALAN PRODUK AGROINDUSTRI KECIL DAN MENNEGAH DI KECEMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Kasus Kerupuk Ikan). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak Skripsi Yuli_6.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Yuli .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V Skripsi Yuli .pdf

Download (380kB)
[img] Text
Cover Skripsi Yuli .pdf

Download (87kB)
[img] Text
Dapus Skripsi Yuli .pdf

Download (749kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi Yuli .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Yuliatri_D1B019153 ful.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Yuliatri. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Penjualan Produk Agroindustri Kecil dan Menengah di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi (Studi Kasus Kerupuk Ikan). Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Edison, M.SC selaku dosen pembimbing I dan Riri Okta Ulma, S.P.,M.Si, CIT,CEIA selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran umum usaha agroindustri dan penggunaan pemasaran digital pada agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. (2) menganalisis pengaruh pemasaran digital terhadap penjualan produk usaha agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pelaku usaha agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software aplikasi SmartPLS 4.0 Data yang digunakan yaitu data gambaran umum usaha serta tanggapan atau pandangan responden terhadap variabel yang diteliti yaitu accessibility, interactivity, dan credibility penggunaan pemasaran digital pada penjualan produk agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Usaha agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi masih dilakukan dengan sederhana namun sudah memanfaatkan pemasaran digital dalam penjualan produknya dengan pemasaran yang langsung dilakukan oleh pelaku usaha ke konsumen tanpa adanya perantara atau distributor. (2) Berdasarkan hasil analisis Structural Equation Modelling (SEM) dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel accessibility, interactivity, dan credibility terhadap penjualan agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota jambi dengan nilai Adjusted R-Square sebesar 61,6%. Secara parsial variabel accessibility dan variabel interactivity tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penjualan. Sedangkan variabel credibility memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penjualan produk agroindustri kerupuk ikan di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Kata Kunci : Pemasaran digital, accessibility, interactivity, credibility, penjualan   This research aims to: (1) find out the general description of agro-industrial businesses and the use of digital marketing in the fish cracker agro-industry in Pelayangan District, Jambi City. (2) analyze the influence of digital marketing on sales of fish cracker agro-industry products in Pelayangan District, Jambi City. This research uses primary data obtained from fish cracker agro-industry business actors in Pelayangan District, Jambi City. The data analysis used is descriptive analysis and Structural Equation Modeling (SEM) analysis using the SmartPLS 4.0 application software. The data used is general business description data as well as respondents' responses or views on the variables studied, namely accessibility, interactivity and credibility of the use of digital marketing in product sales. fish cracker agroindustry in Pelayangan District, Jambi City. The results of the research show that (1) The fish cracker agro-industry business in Pelayangan District, Jambi City is still carried out simply but has utilized digital marketing in selling its products with marketing carried out directly by business actors to consumers without any intermediaries or distributors. (2) Based on the results of the Structural Equation Modeling (SEM) analysis, it can be concluded that simultaneously there is a positive and significant influence between the variables accessibility, interactivity and credibility on the sales of fish cracker agro-industry in Pelayangan District, Jambi City with an Adjusted R-Square value of 61. 6%. Partially, the accessibility variable and interactivity variable do not have a significant influence on sales. Meanwhile, the credibility variable has a positive and significant influence on sales of fish cracker agro-industry products in Pelayangan District, Jambi City. Keywords: Digital marketing, accessibility, interactivity, credibility, sales.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran digital, accessibility, interactivity, credibility, penjualan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Yuliatri
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:57
Last Modified: 22 Jan 2025 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74974

Actions (login required)

View Item View Item